7 Kebiasaan Baik Untuk Si Kecil

Masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan. Bermain bersama teman-temannya, mengenal lingkungan baru, mencoba hal baru, bagi mereka adalah sebuah tantangan. Cara berpikir mereka begitu logis namun sederhana dan mengena. 

Supaya kepintaran si kecil makin terasah, saya punya rekomendasi buku yang bagus.




Data Buku : 

Judul Buku : Koleksi cerita 7 Kebiasaan Anak Bahagia (The 7 Habits of  Happy Kids Collections)
Penulis       : Sean Covey
Ilustrator    : Stacy Curtis
Penerbit     : Libri

Bagi yang sudah membaca buku 7 Kebiasaan Remaja yang Efektif karya Sean Covey pasti sudah tidak asing lagi dengan 7 Kebiasaan yang sangat mudah diterapkan ini. Buku itu didasarkan pada buku sang ayah, Stephen R. Covey yang berjudul 7 Kebiasaan Manusia yangEfektif. 

Pada buku ini Sean Covey menjabarkan 7 kebiasaan itu dalam cerita anak-anak. Harapannya anak-anak mulai belajar menerapkan 7 kebiasaan itu sejak dini. Tentu saja, anak-anak suka cerita, bukan?

Total ada 7 buku yang masing-masing mewakili 1 kebiasaan.



Box set, berisi 7 buku plus satu poster ukuran besar
Apa saja 7 Kebiasaan itu?
  1. Kebiasaan 1 : Jadilah proaktif : Anda yang bertanggung jawab.
  2. Kebiasaan 2 : Mulai dengan membayangkan hasil akhir : Buatlah rencana
  3. Kebiasaan 3 : Dahulukan yang utama : Bekerja dulu, baru bermain
  4. Kebiasaan 4 : Berpikir menang-menang : Semua orang bisa menang
  5. Kebiasaan 5 : Berusaha memahami terlebih dahulu, baru dipahami : Dengarkan sebelum bicara
  6. Kebiasaan 6 : Wujudkan sinergi : Bersatu lebih baik
  7. Kebiasaan 7 : Mengasah gergaji : Keseimbangan terasa paling nyaman.
Kebiasaan 1 : Jadilah proaktif : Anda yang bertanggung jawab

Pokey, si Landak enggan masuk sekolah karena Biff, si Berang-berang mengejek duri-duri Pokey. Teman-teman Pokey membesarkan hati Pokey. Sikap apa yang akan dipilih Pokey? Apakah ia tetap tak mau masuk sekolah?

Kebiasaan 2 : Mulai dengan membayangkan hasil akhir : Buatlah rencana

Allie, si Tikus, membayangkan kelak jika ia telah tumbuh dewasa. Mungkin dia akan berdandan atau belanja di supermarket sendiri. Atau kelak dia akan menulis bukunya sendiri. Lalu apa yang sebaiknya dia lakukan sekarang? Rencana apa yang dia buat?

Kebiasaan 3 : Dahulukan yang utama : Bekerja dulu, baru bermain

Jumper, si Kelinci, kehilangan sepatu basketnya. Tak heran dia bingung karena kata Goob, Si Beruang, isi rumah Jumper seperti terkena angin tornado. Barang-barang berserakan di sana-sini. Padahal Jumper sudah ditunggu teman-temannya di lapangan. Apa yang dilakukan Goob untuk membantu Jumper? Apakah sepatu basketnya ketemu? Apa yang akan diutamakan Jumper?

Kebiasaan 4 : Berpikir menang-menang : Semua orang bisa menang

Sammy, Si Tupai, iri pada saudari kembarnya, Sophie, yang selalu mendapat nilai sempurna. Teman-temannya mengatakan pasti Sammy senang punya saudari yang pandai seperti Sophie. Sammy kesal karena semua orang selalu memuji Sophie. Padahal Sammy juga hebat loh. Mau tahu apa kehebatan Sammy? Bagaimana reaksi Sophie?

Kebiasaan 5 : Berusaha memahami terlebih dahulu, baru dipahami : Dengarkan sebelum bicara

Lily, Si Sigung, berencana membuat kue bersama ayahnya. Tapi Lily tak mau mendengarkan ketika ayahnya membacakan resepnya. Lily mengatakan jika dia tak perlu resep karena dia tahu apa yang harus dilakukannya. Apakah hasilnya seperti yang diharapkan Lily? Hemm...  

Kebiasaan 6 : Wujudkan sinergi : Bersatu lebih baik

Sophie, Si Tupai, kesal karena dia berpasangan dengan Biff, si Berang-berang, saat diminta oleh guru mereka untuk membuat puisi. Biff hanya peduli dengan pendapatnya. Sophie akhirnya mencoba bicara dengan guru mereka. Sophie ingin berganti partner. Kira-kira apakah Sophie dan Biff bisa bersatu membuat puisi yang keren, ya?

Kebiasaan 7 : Mengasah gergaji : Keseimbangan terasa paling nyaman

Goob, Si Beruang, baru saja kehilangan kakeknya. Goob sangat sedih. Teman-temannya tak ingin membiarkan Goob berlarut-larut dalam kesedihan. Teman-temannya merencanakan sesuatu untuk menghibur Goob. Apa yang akan teman-teman Goob lakukan? Apakah Goob tetap bersedih?


Jawabannya ada di 7 buku ini. ^^


ilustrasi yang keren
Buku ini full colour, memudahkan anak-anak untuk membayangkan jalan ceritanya. Dengan ilustrasi yang menarik tentu saja membuat buku ini layak dimiliki.


peta tempat tinggal Sammy dan teman-temannya
Lucunya, di setiap buku dilengkapi dengan peta tempat tinggal si tokoh utama. Jadi anak-anak bisa membayangkan rumah dan lingkungan sekitar si tokoh utama. Sekalian belajar membaca peta, bukan?


lembar untuk orangtua
Apa sih yang perlu dipahami oleh orangtua sebagai role model si anak? Pojok Orangtua akan memudahkan kita untuk memberi penjelasan dan pemahaman saat si anak bertanya ini itu tentang sebuah kebiasaan.

Recommended, bukan? ^^

Menurut saya, buku ini masuk kategori must have.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

I am Me Series #1 I'm A Little Lady (Aku Dapet) Si Kecil Udah Baligh, Nih!

I Am Me Series #2 : I'm Growing Up (Aku Berkembang)

Princess Academy : Sahabat Sejati